Saturday, November 01, 2008

Domain dan Hosting Semakin Marak di Surabaya


Dunia berkembang pesat pada dunia cyber. Pada awal 2000-an internet dianggap barang mahal yang tidak setiap orang bisa mengaksesnya. Berbagai alamat situs yang mahal harganya untuk dimiliki dan hanya pebisnis internet saja yang memilikinya. Seiring berjalannya waktu, tidak lebih dari 7 tahun internet semakin familiar dan friendly di masyarakat. Tidak heran kalau banyak warnet bermunculan dan pada akhirnya gulung tikar. Berbagai fitur dan layanan internet tak mau kalah untuk berlomba-lomba membuat fitur dan internet semurah mungkin.

Di Indonesia, MIRC adalah layanan komunikasi cyber yang diminati oleh kaum muda. Ajang perkenalan di dunia maya menjadi tujuan utama para user menuju warnet. Ditunjang harga pemakaian warnet yang begitu murah Rp 2.000,-/jam. Bosan berkenalan dengan teman yang hanya menggunakan kalimat, Google, layanan search engine menerbitkan sebuah web gratisan yang kita kenal dengan blogspot. Blogspot adalah istilah cyber yang digunakan oleh individu/golongan untuk menampilkan tulisan, foto, pendapat, link, dan sebagainya, sesuai kebutuhan penggunanya. Tidak hanya blogspot, wordpress, multiply adalah layanan yang serupa dan mereka siap bersaing secara sehat di dunia cyber.

Tidak puas hanya dengan mengisi blog, trend yang berkembang saat ini adalah menghostingkan blog pribadi tersebut. Dimaksudkan supaya blog yang dimiliki bisa dibuka diseluruh dunia. Semakin maraknya jaringan internet yang relatif murah, semakin marak pula para penjual domain dan hosting. Banyak variasi harga yang ditawarkan mulai dari 75.000 – semahal mungkin. Namun, semahal apa pun doain dan hosting Anda jika bisnis online atau internet marketing Anda tidak ter-update setiap saat bisa dikatakan percuma Anda memiliki hosting.

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai alamat domain dan hosting Anda dapat mencarinya melalui search engine : google. Klik alamat yang Anda temukan dan daftarlah pada web yang menyediakan layanan domain dan hosting tersebut. Domain dan hosting yang gratis pun sebenarnya ada. Tetapi, alangkah lebih baik jika Anda berlangganan untuk mengantisipasi support IT layanan tersebut. (dev)

No comments: