Tuesday, November 10, 2009

Membaca Komik Merilekskan Otak

Surabaya News,
Aktivitas membaca sangat jarang dilakukan oleh sebagian orang dikarenakan kesibukan bekerja atau aktivitas di luar rumah yang menyita banyak waktu. Membaca merupakan aktivitas yang sebaiknya tidak boleh dilupakan atau pun ditinggalkan. Karena membaca dapat merangsang otak supaya tetap bekerja rileks dan dapat berpikir dengan tepat. Fungsi otak akan semakin melemah jika tetap digunakan untuk berpikir secara keras.

Dengan membaca dapat membantu otak untuk merilekskan kinerjanya, dan dapat menambah pengetahuan. Daya tampung otak sebenarnya tiada batas. Apa yang terlihat disetiap detik akan terekam baik oleh otak. Salah satunya membaca. Namun, bacaan yang dapat merilekskan otak adalah membaca komik dan novel ringan. Komik atau novel ringan dapat merespon otak secara perlahan dan melancarkan tegangan darah dalam otak.

Dalam komik, terdapat gambar-gambar yang penuh dengan variasi gerakan dan ekspresi tokoh dalam komik. Hal inilah yang membuat otak dapat mengamati dan mengingat ekspresi gambar komik sebagai kegiatan yang rileks. Sedangkan, novel ringan memasuki urutan kedua yang dapat merilekskan syaraf otak. Novel yang sebagian terdiri atas kalimat-kalimat panjang belum tentu dapat direspon oleh otak dengan baik, sebab kalimat-kalimat panjang itu lebih susah diingat oleh memori otak yang lelah. (rhe)

No comments: