Thursday, November 19, 2009

Penertiban Kota Surabaya

Surabaya News,
Di penghujung akhir tahun 2009 pemerintah tampaknya lebih disiplin dalam menerapkan ketertiban kota, khususnya di Surabaya. Penangkapan bagi manusia jalanan sedang digalakkan. Namun pertanyaannya, apa yang mereka dapatkan dan lakukan setelah mereka terkena razia?
Kru Surabaya News pada sore ini dijalan sekitar Kodam Brawijaya Surabaya menemukan beberapa aparat pemerintah sedang menjaring pengamen jalanan dan beberapa pengemis jalanan. Pada sore menjelang maghrib di kawasan lampu lalu lintas tersebut yang biasanya digunakan mangkal oleh manusia jalanan mencari rupiah, akhirnya pupus sudah.
Aksi para penjaring supaya tidak mencurigakan mereka menggunakan kendaraan roda dua dengan berkeliling jalan sekitar Darmo dan Brawijaya menuju arah Gunung Sari. Pengendara roda dua tersebut berhenti disaat lampu lalu lintas menyalakan lampu merah. Setelah mereka melihat para pencari rupiah itu, salah satu pengendara menelpon temannya yang mengendarai mobil aparat. Tak lama kemudian, beberapa petugas datang dan menjaring mereka.
Apa daya bagi pencari rupiah di jalanan yang hanya mengandalkan gitar dan suara, atau pengemis jalanan dengan berbagai gambaran kehidupan. Setelah ditahan satu dari dan diberi pengarahan yang berbobot pada akhirnya mereka akan kembali juga pada pekerjaan yang sama. Inilah kelemahan system pemerintahan Indonesia di bidang pekerjaan. Banyak lowongan pekerjaan yang belum tentu dapat menampung para pencari rupiah. rhe

No comments: