Sunday, August 16, 2009

Menyambut HUT RI 64

Surabaya News,
Tak terasa umur kemerdekaan Indonesia memasuki angka 64 tahun. Sejak merdeka di tahun 1945 silam hingga tahun 2009, Indonesia semakin maju menuju globalisasi dunia mulai bidang pendidikan, pembangunan, teknologi dan beberapa bidang lainnya. Perkembangan Indonesia yang begitu pesat tak lepas dari peran para pejuang di tahun 1945 untuk mempertahankan Indonesia dari penjajah. Usaha para pahlawan dan masyarakat adalah penghargaan yang tak ternilai bagi generasi selanjutnya.

Tanpa perjuangan para pahlawan yang saat itu dengan segenap tenaga memperjuangkan Indonesia, mungkin hari ini Indonesia bukanlah Indonesia. Sebagai pulau yang ada di dunia, Indonesia berhak memilih dan hidup sesuai keinginan bangsa Indonesia. Seperti halnya bangsa dan negara lainnya. Meski Indonesia berjalan agak lambat dari negara lainnya, hal itu tidak menjadi hambatan bagi bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia mampu menunjukkan identitasnya meski “malu-malu”.

Indonesia memang sudah merdeka, namun Indonesia masih perlu lebih baik lagi. Masalah ekonomi Indonesia sudah lebih baik dan dapat terjangkau oleh masyarakat, tapi masalah ketenangan dan kenyamanan hidup sebagai warga negara masih terancam, yaitu berkeliarannya teroris di Indonesia. Aksi teroris perlu dibumihanguskan hingga akar-akarnya. Cara mengatasi hal ini adalah sebagai warga Indonesia kita harus saling terbuka dan lebih mengenal satu sama lain.

Sebagai contoh kegiatan yang dilakukan oleh para warga ketika menyambut malam HUT RI, mereka mengadakan acara syukuran di depan jalan kampung. Hal seperti ini merupakan bentuk partisipasi dari setiap warga juga merupakan ajang perkenalan bagi semua warga sekitar. Acara syukuran semacam ini akan mengakrabkan kita dengan tetangga yang ada di kampung. (dev)

No comments: